Bus 6N: Bus Pengumpan yang Kurang Diperhatikan

Bus 6N rute Blok M - Ragunan Via Kemang. (Sumber: Nurahmanafandi Wordpress)


Transportasi umum menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat di daerah pinggiran kota Jakarta (Bodetabek), karena harganya yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap.

Salah satu transportasi umum yang banyak digunakan warga Jakarta dan Sekitarnya, adalah Busway atau transjakarta. Bus Transjakarta memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah Minitrans.  

Minitrans berguna untuk menjangkau area yang lebih kecil dan jauh dari halte-halte utama transjakarta.

Salah satunya adalah bus minitrans Trayek 6N Blok M – Ragunan, yang melayani rute dari terminal besar Blok M, hingga ke terminal Ragunan. Trayek ini melewati Gedung Walikota Jakarta Selatan, hingga Jalan Raya Kemang, Jalan Ampera, dan jalanan utama lainnya di daerah Jakarta Selatan.

Namun, kurangnya armada bus 6N, membuat banyak orang lebih memilih menggunakan transportasi online daripada menaiki bus tersebut. Akibatnya, waktu tiba Bus 6N untuk menjemput penumpang menjadi lebih lama.

Selain itu, Bus juga sering mengalami kelebihan kapasitas, karena kebutuhan yang banyak, namun armada yang kurang. Dalam satu hari, bus 6N hanya memiliki 5-7 mobil saja yang beroprasi, terutama di jam-jam sibuk seperti jam 8-9 pagi, jumlah tersebut tidak cukup untuk mengangkut penumpang.

Jarak antara bus satu dengan yang lain juga tidak secepat bus yang lain. Jika kita tidak mendapatkan bus di jam 8.30, maka untuk mendapatkan bus selanjutnya, dibutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam. Waktu tersebut tentu tidak sebentar, meningat yang menggunakan bus tersebut kebanyakan adalah karyawan kantoran.

Supir bus juga sering mengeluh kelelahan, karena bekerja dari pagi hari hingga siang, tanpa berhenti. Untuk itu, diperlukan pembaharuan terhadap armada transjakarta di kawasan tersebut.

Diperlukan penambahan jumlah bus di trayek yang sibuk sepert jalur bus 6N, dengan jarak tiba dan penjemputan antar bus yang lebih singkat. Dengan itu, masyarakat, khususnya karyawan akan memilih menggunakan transportasi umum.

***

Comments

  1. setujjuu, perbanyak bus 6N dan bus-bus transjakarta lain. terutama di jam-jam sibuk. lanjutkan stelaa!!

    ReplyDelete
  2. setuju bgt sih. Ni tulisan harus viral!

    ReplyDelete
  3. ihh bener banget, ayo bisa yu pemerintah nambah jumlah busnya!!!

    ReplyDelete
  4. bener banget! naik tj bikin hemat ongkos!

    ReplyDelete
  5. artikel ini keren sekali, tu eres el mejor portero del mundo.

    ReplyDelete
  6. emang harus tambah armadanya ini biar ga nunggu ber jam2 lagi

    ReplyDelete
  7. Udah kapok nungguin busnya :") AKU DUKUNG BANGET KALAU DITAMBAH WOI

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Galeri Nasional Indonesia: Arsip Karya Seni Bukti Sejarah

Pekan Raya Budaya Jakarta Penuh Cerita